EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Okta Dian Setyawan

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Reciprocal Teaching menghasilkan motivasi dan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VIII SMP N 1 Borobudur tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang tediri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh berdasarkan perhitungan uji multivariat dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fobs sebesar 132,752 dengan Ftabel sebesar 3,15 yang berarti bahwa rerata motivasi dan prestasi belajar kelas eksperimen tidak sama dengan kelas kontrol. Setelah dilanjutkan uji t univariat diperoleh tobs untuk motivasi belajar sebesar 3,359 dan tobs untuk prestasi belajar sebesar 2,703 dengan ttabel sebesar 2,326. Hal ini menunjukan bahwa motivasi dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada motivasi dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran ekspositori.

Kata kunci: Reciprocal Teaching,  lingkaran, motivasi, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i1.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.