PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Rudi Yanto; Abu Syafik; Mujiyem Sapti

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan prestasi belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada siswa kelas V SD Negeri Sambeng tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sambeng tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi dan aktivitas belajar siswa serta tes uraian. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada lembar pengamatan dari 90,63% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar siswa dari 83,13% pada siklus I menjadi 86,44% pada siklus II.Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 75,75% pada siklus I menjadi 78,88% pada siklus II.Serta peningkatan prestasi belajar siswa dari 77,55 pada siklus I menjadi 79,05 pada silus II.

 

Kata kunci: motivasi, aktivitas, Team Assisted Individualization


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i1.1590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.