UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA SMP NEGERI 40 PURWOREJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Eko Sulistiyanto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika melalui metode make a match pada siswa kelas VII A semester I SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A semester 1 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas belajar klasikal siswa 58,33% meningkat pada siklus II menjadi 77,78%. Kemudian prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rerata nilai siswa 66,44 meningkat pada ke siklus II menjadi 73,50 dan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 63,89% menjadi 83,33%.

Kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, metode make a match


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v10i1.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.