EKSPERIMENTASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TALKING STICK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa kelas VII dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model Talking Stick pada materi Aritmetika Sosial di SMP Negeri 35 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel dari penelitian ini berjumlah 66. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata pada kelas eksperimen I adalah 71,21 sedangkan kelas eksperimen II adalah 63,94. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tobs sebesar 2,424 dan ttabel sebesar 1,960 sehingga H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model Talking Stick.
Kata kunci: NHT, Talking Stick, prestasi belajar, matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v10i1.1325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.