HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Yunia Trias Kristiawati, Budiyono, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal ayah dan ibu dengan hasil belajar matematika siswa.Po­­pulasi da­lam penelitian ini adalah 543 siswa dan sampelnya berjumlah 226 siswa . Te­k­­­nik sampling yang digunakan adalah teknik propotionate stratified random sam­pling. Teknik pengolahan data dilakukan dengan meng­gunakan analisis Ko­relasi Se­rial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah antara tingkat pendidikan formal yang dicapai ayah dengan hasil belajar matematika siswa terdapat korelasi positif () sebesar 0,066 dan antara tingkat pendidikan formal yang dicapai ibu de­ngan hasil belajar terdapat korelasi positif sebesar () 0,041. Nilai korelasi kemudian dikonsultasikan dengan ni­lai r product moment sebesar 0,131, sehingga diperoleh kedua nilai koe­fisien ko­relasi kurang dari nilai . Dari hasil tersebut dapat disim­pulkan bahwa antara tingkat pendidikan formal ayah dan ibu dengan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 terdapat hu­bungan positif dan tidak signifikan.

 

Kata kunci: tingkat pendidikan formal orang tua, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v10i1.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.