KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 27 PURWOREJO

Sulistiyaningsih, Budiyono, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar, prestasi belajar matematika, dan hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 27 Purworejo. Populasinya adalah semua siswa sebanyak 566 siswa. Sampelnya 187 siswa diambil dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Statistik uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan Kendal Tau dan uji signifikansinya menggunakan uji-z. Uji hipotesis kemandirian belajar diperoleh thitung= -2,933 < ttabel=1,645, maka HO diterima, sehingga persentase kemandirian belajar siswa lebih rendah atau sama dengan 70%. Uji hipotesis prestasi belajar matematika diperoleh thitung= -4,695 < ttabel=1,645, maka HO diterima, sehingga rerata prestasi belajar matematika siswa lebih rendah atau sama dengan 75. Pengujian hipotesis hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika diperoleh koefisien korelasi τ = 0,102 berarti ada hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mate-matika. Untuk uji signifikansi diperoleh zhitung= 2,081 > ztabel= 1,645, maka HO ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: kemandirian belajar, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v10i1.1320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.