PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI USIA SISWA SAAT MASUK SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang saat masuk SD usianya sudah mencapai 7 tahun dan kurang dari 7 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah total 824 siswa, dengan sampel sebanyak 254 siswa yang ditentukan denga rumus yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi. Hasil pengolahan data dengan Mann-Whitney U-Test menggunakan pendekatan kurve normal rumus z diperoleh kesim-pulan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang saat masuk SD usianya sudah mencapai 7 tahun dan siswa yang saat masuk SD usianya kurang dari 7 tahun pada siswa SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: prestasi, matematika, SD
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v10i1.1313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.