HUBUNGAN GENDER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara gender terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri se-Kecamatan Ambal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi point biserial. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai korelasi siswa laki-laki terhadap hasil belajar matematika sebesar rpbi = -0,106 dan nilai korelasi siswa perempuan terhadap hasil belajar matematika sebesar rpbi = 0,094. Nilai korelasi kemudian dikonsultasikan dengan nilai r product moment yaitu sebesar 0,114, sehingga diperoleh nilai koefisien korelasi siswa laki-laki lebih dari nilai r Product Moment dan nilai koefisien korelasi siswa perempuan kurang dari nilai r Product Moment . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gender terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri se-Kecamatan tahun pelajaran 2012/ 2013.
Kata kunci: gender, hasil belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.