EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA KELAS VIII SMP

Nuri Ikmawati, Mujiyem Sapti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) akan lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki; dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan perbedaan gender terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Buluspesantren. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika siswa. Analisis uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi (anava) dua jalan sel sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 1) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model konvensional, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh ; 2) hasil belajar matematika siswa perempuan lebih dari hasil belajar matematika siswa laki-laki, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh ; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan perbedaan gender terhadap hasil belajar matematika siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Group Investigation (GI), Perbedaan Gender.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.