EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Truly Asworo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) pada materi  prisma dan limas siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 220 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I dan Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t.Dengan  = 0,05 menunjukkan tobs=   > ttabel = 1,645 berarti prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) pada materi  prisma dan limas siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar, STAD, MMP.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.