Eksperimentasi PMRI Berbantuan Alat Peraga dan Media Visual pada Materi Tabung dan Kerucut

Leni Triyanti

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan  menggunakan PMRI berbantuan alat peraga lebih baik dari  hasil belajar siswa yang menggunakan PMRI  berbantuan media visual. Populasi dari Penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kebumen  yang terdiri dari delapan kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika yang sebelumnya sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas serta reliabilitas. Data setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas 79,39 untuk eksperimen I  dan nilai rataan kelas 71,51 untuk eksperimen II. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar  lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Ini berarti hasil belajar siswa yang mendapat PMRI berbantuan Alat Peraga lebih baik dari PMRI berbantuan Media Visual pada materi tabung dan kerucut.

Kata Kunci: PMRI, Alat Peraga, Media Visual, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.