PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI BANJARWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ferry Anggriawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian diperoleh dari instrumen penelitian yaitu observasi dan tes prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Banjarwinangun. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase hasil observasi pada siklus I sebesar 62,04% dengan kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,55% dengan kategori tinggi. Rerata nilai tes prestasi belajar pada siklus I adalah 69,823 dengan persentase ketuntasan mencapai 64,70% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,294 dengan persentase ketuntasan 82,35%. Berdasarkan Kriteria keberhasilan tindakan telah mencapai lebih dari 70% siswa yang memperoleh nilai lebih atau sama dengan nilai Kriterium Kelulusan Minimal yaitu 70 maka pembelajaran pada siklus II sudah berhasil.

Kata kunci: minat belajar, prestasi belajar, matematika, tematik

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.