Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salaman Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar dengan model talking stick lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan menggunakan model konvensional dan mengetahui keefektifan model talking stick pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Salaman tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan mengambil dua kelas secara acak dari populasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 responden yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes prestasi belajar pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai maka H0 ditolak. Berarti prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model talking stick lebih baik dibanding prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 3 Salaman tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan uji efektivitas dengan uji t satu sampel diperoleh nilai maka H0 diterima. Berarti penggunaan model pembelajaran talking stick tidak efektif pada siswa kelas VIII SMP N 3 Salaman tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci: talking stick, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.