UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE

Astrin Wiedyastuti, Mujiyem Sapti, Puji Nugraheni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dalam pokok bahasan bangun ruang sederhana melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Mranti Purworejo yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan tes siklus. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas tes siklus I dan II. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tes siklus I adalah 72,77 kemudian meningkat menjadi 78,68 di akhir siklus II. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar, dari 59,09% menjadi 84%. Selain itu, persentase motivasi belajar siswa juga ikut meningkat dari 68,05% pada siklus I menjadi 75,35% di siklus II.

Kata Kunci : learning cycle, motivasi belajar, penguasaan konsep


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.