PENERAPAN PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Kaleng Kecamatan Puring yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes evaluasi akhir siklus. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus rerata. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran The Power Of Two komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu rerata 65,6 pada siklus I menjadi 89,6 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran The Power Of Two yaitu dari 36,8% pada siklus I menjadi 84,2% pada siklus II, dan juga rerata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 63,6 pada siklus I menjadi 78,8 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika.
Kata kunci: komunikasi matematika, hasil belajar, dan The Power Of Two
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i4.1137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.