PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV B SD NEGERI CLAPAR MELALUI METODE TALKING STICK
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi bangun datar; (2) meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Clapar tahun pelajaran 2012/2013 melalui metode Talking Stick dinyatakan berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 82,45% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,22% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata persentase hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,62% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,24% dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata tes hasil belajar pada siklus I adalah 76,43, namun pada aspek “penalaran”, siswa yang tuntas baru mencapai 42,86% dari jumlah siswa. Nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus II adalah 73,73 sedangkan semua aspek penilaian telah berhasil ditingkatkan di atas 80%.
Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, matematika, metode Talking Stick
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i4.1132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.