PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV B SD NEGERI CLAPAR MELALUI METODE TALKING STICK

Candra Ramadhani, Bambang Priyo Darminto, Dita Yuzianah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar matematika pada  materi  bangun  datar; (2) meningkatkan hasil belajar  matematika  pada  materi  bangun  datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Clapar tahun pelajaran 2012/2013 melalui metode Talking Stick dinyatakan berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 82,45% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,22% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata persentase hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,62% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,24% dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata tes hasil belajar pada siklus I adalah 76,43, namun pada aspek “penalaran”, siswa yang tuntas baru mencapai 42,86% dari jumlah siswa. Nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus II adalah 73,73 sedangkan semua aspek penilaian telah berhasil ditingkatkan di atas 80%.

 

Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, matematika, metode Talking Stick


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i4.1132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.