PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II DAN TGT PADA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA

Kuswantoro, Bambang Prio Darminto, Wharyanti Ika P

Abstract


Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada kompetensi bangun datar segitiga dengan kombinasi model pembelajaran Jigsaw II dan Teams Games Tournament (TGT) akan lebih baik jika dibandingkan pembelajaran dengan model ekspositori. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian quesi experimental research. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’Arif Pituruh Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/ 2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar matematika yang sebelumnya sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas serta reliabilitas. Data setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas eksperimen 71,07 dan nilai rataan kelas kontrol 65,64. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan  = 0.05 t diperoleh 2,128 sedangkan  1,67255 sehingga tobs> . Didapat kesimpulan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’Arif Pituruh tahun pelajaran 2012/2013 pada materi bangun datar segitiga dengan kombinasi model pembelajaran Jigsaw II dan TGT lebih baik daripada dengan model pembelajaran ekspositori.

 

Kata kunci: Jigsaw II, TGT, ekspositori


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.