EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOMBINASI THINK PAIR SHARE DAN PAIR CHECKS PADA MATERI SEGITIGA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kombinasi TPS dan Pair Checks lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 1 Puring tahun 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Puring.Sampel penelitian yaitu kelas VII E dan VII G. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi belajar matematika yang telah diujicobakan dan memenuhi validitas, reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Diperoleh data berdistribusi normal dan homogen, kemudian data diuji keseimbangan. Uji hipotesis menggunakan uji-t ekor kanan. Diperoleh dan . Dengan demikian H0 ditolak sehingga disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Puring Tahun Pelajaran 2012/2013 yang menggunakan model pembelajaran kombinasi TPS dan Pair Checks lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Think Pair Share, Pair Checks, Prestasi Belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.