PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs AL-MU’MIN SEMBIRKADIPATEN DENGAN METODE SNOWBALL THROWING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Mu’min Sembirkadipaten dengan menggunakan metode snowball throwing. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 metode yaitu pengamatan dan tes. Hasil penelitian ini dapat menunjukan peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode snowball throwing. Prestasi belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata kelas 73,50 meningkat menjadi 79,50 pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas meningkat pada siklus II yang mencapai 22 siswa, yang sebelumnya pada siklus I hanya 19 anak. Persentase ketuntasan siswa kelas VII meningkat pada siklus II, sebelumnya pada siklus I hanya 69% setelah dilaksanakan siklus II meningkat menjadi 85%. Ini menunjukan dengan menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa.
Kata kunci: Snowball Throwing, kreativitas, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i2.1092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.