MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI I BULUSPENSATREN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Pujiati, Bambang Priyo Darminto, Erni Puji Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning siswa kelas VIII A semester 2  SMP PGRI I Buluspesantren tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik persentase ketuntasan belajar.Hasil penelitian adalah ada peningkatan  motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari indikator motivasi belajar siswa. Persentasi indikator motivasi belajar siswa meningkat dari 51,28% pada siklus I menjadi 82,5% pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar siswa diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa dengan peningkatan belajar secara klasikal  yaitu 60% dan rerata kelas 69,28 pada siklus I, menjadi ketuntasan belajar secara klasikal 80% dan rerata kelas 77,12 pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut,  siklus II diperoleh hasil yang sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai >75 % dan prestasi belajar  siswa secara klasikal ≥75% dengan KKM 70.

 

Kata kunci: model pembelajaran PBL,  motivasi siswa, hasil belajar

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i2.1084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.