PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DENGAN LKS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Course review horay dengan LKS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata, persentase minat dan ketuntasan secara klasikal. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh minat belajar siswa sebesar 44,73%. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 53,16 dengan persentase ketuntasannya 42,10%. Dalam hal ini minat belajar maupun prestasi belajar matematika siswa belum mencapai indikator keberhasilan, sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Pada siklus II diperoleh minat belajar siswa sebesar 81,58%, prestasi belajar matematika siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 69,47 dengan persentase ketuntasannya 94,74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dengan LKS dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika di kelas V SD Negeri Murtirejo tahun ajaran 2012/2013.
Kata kunci: minat, prestasi belajar, model pembelajaran, Course Review Horay
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i2.1082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.