EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION DAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Alvi Rohmayati, Nila Kurniasih, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar matematika dengan model AIR lebih baik daripada model Reciprocal Teaching; (2) apakah hasil belajar matematika dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif sedang maupun rendah; dan (3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi (Anava) dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari Anava dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan  = 0.05, menunjukkan: (1) Fobs = 5,51 > Ftabel = 4,00 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR dan model Reciprocal Teaching, dilihat dari rataan marginalnya bahwa model pembelajaran AIR lebih baik dari model Reciprocal Teaching; (2) Fobs = 5,57 > Ftabel = 3,23 maka H0 ditolak yang berarti tidak semua kemampuan berpikir kreatif memberikan efek yang sama terhadap hasil belajar siswa. Uji scheffe menunjukkan hasil belajar matematika untuk kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif sedang dan rendah. (3) Fobs = 0.98 < Ftabel = 3,23 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika.

 

Kata kunci: model pembelajaran, AIR, reciprocal teaching, kemampuan berpikir kreatif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.