KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI STATUS SEKOLAH

Rima Oktaviana, Budiyono

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan siswa SMP N dalam menyelesaikan soal cerita yang ditinjau dari status sekolah dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa antar status sekolah tersebut. Populasi penelitian ini siswa SMP N kelas VII se-Kecamatan Kutoarjo tahun 2012/2013 sebanyak 770 siswa. Sampel yang dipilih sebanyak 77 siswa yaitu dengan teknik sampling sratified random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak dan uji t untuk komparatif dua sampel idependen. Untuk uji hipotesis pertama diketahui harga thitung = -5,266 dan ttabel = 2,042. Karena t hitung < t tabel maka H01 diterima dan H11 ditolak. Untuk uji hipotesis kedua uji satu pihak harga t hitung =-9,584 dan t tabel = 2,042. Karena thitung < ttabel maka H02 diterima dan H12 ditolak. Kemudian untuk uji hipotesis ketiga uji-t, dari data diketahui harga thitung = 5,398 dan ttabel = 2,042. Karena thitung > ttabel maka H03 diterima dan H13 ditolak. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari status sekolah masih kurang. Serta, terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dari status sekolah.

 

Kata kunci: Kemampuan Siswa, Soal Cerita, Status Sekolah


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.