PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIIIA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED

Amin Makhbub, Nila Kurniasih, Erni Puji Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran problem open ended. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, tes, dan angket. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase.Hasil analisis data diperoleh bahwa rerata skor keaktifan belajar siswa sebesar 57.64 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75.00%, pada siklus II rerata skor keaktifan siswa sebesar 63.46 dengan ketuntasan klasikal 82.14%. Sedangkan rerata prestasi belajar siswa 67.53 pada pra siklus dengan ketuntasan klasikal 50.00%, kemudian pada siklus I rerata prestasi belajar siswa 67.67 dengan ketuntasan klasikal 57.14%, dan pada siklus II rerata prestasi belajar siswa 83.21 dengan ketuntasan klasikal 96.43%. Ini berarti keaktifan dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, pembelajaran melalui pendekatan problem open ended dapat meningkatkan keaktifan belajar  dan prestasi belajar siswa di kelas VIIIA MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: keaktifan, prestasi, problem open ended


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.