EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Yanti Julaikha

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada kompetensi segitiga dan segiempat menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik akan lebih baik jika dibandingkan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ekspositori. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimental semu (quasi experimental research). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat tobs sebesar 10,22 dan ttabel sebesar 1,96 dengan taraf signifikansi 0,05. tobs > ttabel,  dengan DK = {t|t < -tα;n atau t > tα;n} maka tobs DK (daerah kritik) yang menyebabkan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kompetensi segitiga dan segiempat menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik akan lebih baik jika dibandingkan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2012/ 2013. Dari rataan, rerata hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan pembelajaran PMR diperoleh sebesar 85, sedangkan rerata hasil belajar matematika dengan pendekatan pembelajaran konvensional diperoleh sebesar 55.

 

Kata kunci : pendidikan matematika realistik, prestasi belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.