UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING

Ria Zuniati, Bambang Priyo Darminto, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. (2) Prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Teknik analisis data dengan teknik kualitatif, kuantitatif dan uji t. Pada penelitian ini problem posing dapat meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa dengan persentase keaktifan belajar sebelum tindakan siklus I yaitu 38,89%, meningkat mencapai 51,39% pada siklus I dan meningkat mencapai 76,39% pada siklus II. (2) Prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar kelas sebelum tindakan siklus I yaitu 45,16% dengan nilai rata-rata 49,27. Pada siklus I meningkat mencapai 51,61% dengan nilai rata-rata 55,74. Selanjutnya pada siklus II meningkat mencapai 70,96% dengan nilai rata-rata 71,77.

Kata Kunci: Problem Posing, keaktifan belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.