UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. (2) Prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Teknik analisis data dengan teknik kualitatif, kuantitatif dan uji t. Pada penelitian ini problem posing dapat meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa dengan persentase keaktifan belajar sebelum tindakan siklus I yaitu 38,89%, meningkat mencapai 51,39% pada siklus I dan meningkat mencapai 76,39% pada siklus II. (2) Prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar kelas sebelum tindakan siklus I yaitu 45,16% dengan nilai rata-rata 49,27. Pada siklus I meningkat mencapai 51,61% dengan nilai rata-rata 55,74. Selanjutnya pada siklus II meningkat mencapai 70,96% dengan nilai rata-rata 71,77.
Kata Kunci: Problem Posing, keaktifan belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.