EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Inside Outside Circle pada materi bentuk aljabar. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs N Bener. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 69 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes prestasi belajar. Instrumen penelitian telah diujicobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan. Dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai sebesar 1,645 dan nilai sebesar 6,296. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran Make A Match lebih baik dibandingkan siswa yang mendapatkan model pembelajaran Inside Outside Circle.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Make A Match, Inside Outside Circle
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1065
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.