PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SISWA KELAS XI SMK NURUSSALAF KEMIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS

Nurhayati, Nila Kurniasih, Dita Yuzianah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar  siswa kelas XI TKJ 3 SMK Nurussalaf Kemiri dengan menggunakan model pembelajaran M-APOS. Jenis penelitian ini adalah pelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 3 SMK Nurussalaf Kemiri yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal tes, lembar observasi untuk guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase keaktifan belajar siswa meningkat yaitu dari 58,33% pada siklus I menjadi 81,95% pada siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari persentase siswa yang tuntas belajar sebesar 55,56% pada siklus I meningkat menjadi 75,50% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ 3 SMK Nurussalaf Kemiri meningkat setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran M-APOS.

 

Kata Kunci: keaktifan belajar, hasil belajar, model pembelajaran M-APOS

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.