MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

Nur Khotimah, Bambang Priyo Darminto, Erni Puji Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  :  (1)  menerapkan  model  pembelajaran  Tutor  Sebaya dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII MTs WI Karangduwur; (2) meningkatkan hasil belajar siswa; (3) meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas VII MTs WI Karangduwur. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, dokumentasi, dan tes  siklus. Hasil analisis data yang  telah  dikemukakan,  dapat  disimpulkan  bahwa  (1)  hasil  pengamatan  aktivitas belajar siswa 68,75% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 88,75% dengan indikator aktivitas pembelajaran ≥75%; (2) hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 57,14% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II dengan indikator ketuntasan klasikal minimal 75%; (3) hasil belajar siswa dari nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 69,43 pada siklus I menjadi 73,24 pada siklus II dengan indikator nilai rata-rata kelas pada tiap siklus minimal 70.

 

Kata kunci: model pembelajaran tutor sebaya, aktivitas, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i4.1055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.