PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TEMATIK SISWA KELAS II SD NEGERI BLENGORWETAN

Dwi Retno Sari, Bambang Priyo Darminto, Dita Yuzianah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar matematika  melalui  metode  pembelajaran  tematik.  Metode  pembelajaran  tematik adalah suatu pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran dengan cara memilih atau menetapkan tema pembicaraan dengan hubungannya pada pengalaman- pengalaman atau suatu objek yang pernah dilihat oleh peserta didik. Metode pembelajaran tematik ini diterapkan pada siswa kelas II SD Negeri Blengorwetan tahun ajaran 2013/2014. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 62,38% meningkat pada siklus II menjadi 71,07%. Rerata hasil belajar pada siklus I sebesar 65,00 meningkat menjadi 74,58. Begitu pula dengan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 62,50% meningkat pada siklus II menjadi 75%. Uji t memberikan thitung   kurang dari ttabel, yaitu thitung   = -2,107 <  ttabel    = -2,013 dengan taraf  signifikansi  5%.  Jadi,  dapat  disimpulkan  bahwa  metode  pembelajaran  tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Blengorwetan tahun ajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: Pembelajaran tematik, Motivasi Belajar, Hasil belajar matematika

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i4.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.