EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN MENGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI BANGUN RUANG

Rohmah Nuriati, Bambang Priyo Darminto, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) gambaran penerapan model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan alat peraga sehingga mampu menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik; dan (2) apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran artikulasi lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap materi bangun ruang. Sampel diambil secara cluster random sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda. Uji prasarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartllet untuk uji homogenitas variansi. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Dari hasil ini diperoleh thitung = 3,39 dan ttabel = t0,05;62 = 1,645. Hasil penelitian ini (1) penerapan model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan alat peraga mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan (2) prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran artikulasi lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Artikulasi, Alat Peraga, Prestasi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i4.1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.