PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui model pembelajaran PBL. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD N Tambakrejo kelas V B Tahun 2012/2013 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu metode tes, metode observasi dan metode angket . Soal tes yang diujikan berupa soal uraian. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa minat belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata skor 68,88% dan pada siklus II rata-rata skor minat belajar siswa meningkat, yaitu 71,96%. Sedangkan rata-rata hasil kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada siklus I mencapai 53,22 dengan ketuntasan 39,14% kemudian pada siklus II sudah mencapai 64,74 dengan ketuntasan 52,18%. Ini berarti kemampuan siswa mengalami peningkatan. Jadi, model pembelajaran PBL efektif untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas V B SD N Tambakrejo pada pokok bahasan pecahan tahun 2012/2013.
Kata kunci: Problem Based Learning, minat belajar, kemampuan.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i4.1046
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.