EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Linda Yulianingsih, Puji Nugraheni, Isnaeni Maryam

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberi hasil belajar matematika lebih baik antara siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran CTL dan siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran Problem Posing pada materi garis dan sudut. Populasi berjumlah 256 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan data tes hasil belajar matematika. Uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan. Data tes diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen I adalah 77,1875 sedangkan eksperimen II adalah 72,7344. Dilihat dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai  sebesar 1,645 dan nilai  sebesar 15,6951. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model CTL lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran problem posing.

Kata kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Problem Posing.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i4.1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.