EKSPERIMENTASI CTL DENGAN PROBLEM POSING PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS VII
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 pada materi persegi dan persegi panjang dengan model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran Problem Posing. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sebelum diujikan, tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett pada taraf signifikansi 0,05. Uji hipotesis diperoleh 1,9776, sedangkan ttabel =1,669804 sehingga thitung> . Oleh karena itu, sehingga ditolak. Jadi, hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada materi persegi dan persegi panjang siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: CTL, Problem posing, Hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i4.1039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.