PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCUD MEMORY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar; (2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran scud memory, angket kreativitas siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran scud memory, dan soal tes yang terdiri dari 5 soal uraian dalam materi bangun ruang sisi datar pada kubus dan balok. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase rata-rata kreativitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi kategori baik, yaitu sebesar 59,96% pada siklus I menjadi 61,08% pada siklus II. Selain itu, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi kategori sangat baik, yaitu sebesar 68,25 pada siklus I menjadi 83,625 pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2012/2013 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran scud memory.
Kata kunci: kreativitas, prestasi belajar, pembelajaran scud memory.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i3.1025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.