KAJIAN TINGKAT RESIKO KERUSAKAN RUMAH TINGGAL SEDERHANA TERHADAP GEMPA DI KABUPATEN PURWOREJO (Studi Kasus Di Kecamatan Butuh, Kecamatan Kutoarjo dan Kecamaan Purwodadi Kabupaten Purworejo)

Nurmansyah Alami

Abstract


Kajian Tingkat Resiko Kerusakan Rumah Tinggal Sederhana Terhadap Gempa Di Kabupaten Purworejo (Studi Kasus Di Kecamatan Butuh, Kecamatan Kutoarjo dan Kecamaan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menganalisakesuaian  rumah tinggal sederhana di wilayah Kecamatan Butuh,Kecamatan Kutoarjo dan Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, terhadap aturan Rumah Sederhana Tahan Gempa.(2) untuk mengetahui prosentase prosentase resiko Kerusakan bangunan rumah terhadap gempabumi di Kecamatan Butuh,Kecamatan Kutoarjo dan Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Sampel penelitian untuk rumah tinggal sederhana berjumlah 508 responden ditentukan dengan menggunakan random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kuisioner yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS for windows 16.0. Dalam Perhitungan pengolahan data, peneliti mempergunakan alat bantu yang berupa program aplikasi komputer yaitu program microsoft excel.

Dari olah data yang didapat dari penelitian, bagian struktur yang paling tidak sesuai adalah pada bagian struktur balok latai dan kedalaman pondasi ≤ 60 cm. Dimana banyak rumah yang tidak menggunakan balok latai dikarenakan kurang pahamnya tentang pedoman atau aturan membangun rumah. Dari hasil analitis data dapat diambil kesimpulan resiko kerusakan sebesar 29,13% rusak berat, 38,78% rusak sedang dan 32,09% rusak ringan ,apabila terjadi gempa bumi.

 

Kata kunci : resiko kerusakan, gempabumi.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.