PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH RETORIKA BERBASIS ADDIE DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
Abstrak: tujuan riset ini adalah untuk mendeskripsikan strategi dalam meningkatkan kompetensi berbicara dakwah adalah dengan pengembangan media film dengan model ADDIE pada mata kuliah berbicara. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif yang menggambarkan bukti secara riil dan sistematis. Data yang digunakan berupa data verbal dan nonverbal yang diperoleh dari kegiatan praktik berbicara dakwah mahasiswa dan evaluasi atau observasi penilaian saat praktik dakwah. Setting penelitian dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purworejo semester 4 tahun akademik 2020/2021yang menempuh mata kuliah Retorika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik reduksi, analisis dan penarikan simpulan merupakan strategi analisis data secara interaktif. Hasil peningkatan kompetensi dengan strategi ADDIE yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation and Evaluation. Pada tahap Analysis diperoleh konfirmasi dari pengguna media yang sebelumnya yakni perlu adanya inovasi dan kreativitas media sehingga mahasiswa lebih tertarik menggunakan media tersebut. Pada tahap Design telah ada purwarupa awal yang sudah melalui tahap revisi. Selanjutnya tahap Development yaitu pengembangan media atau sumber belajar setelah melakukan revisi formatif. Implentation yakni tahap mempersiapkan lingkungan belajar dan keterlibatan mahasiswa dengan strategi implementasi. Tahap Evaluation yakni menilai kualitas purwarupa media yang telah jadi dan menentukan rencana evaluasi.
Kata kunci: media pembelajaran, mata kuliah retorika, universitas muhammadiyah purworejo.
Full Text:
PDFReferences
Branch, R.M. (2009). Intructional Design: The ADDIE approach. New York: Springer.
Brown, H.D. (2015). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. United States: Pearson Education.
Cody, S. (2006). The Art of Writing & Speaking The English. Chicago New York Boston: The Old Greek Press.
Faizah, U.(2020). The Effectiveness of interactive Audio Visual Learning Media in Speaking Competence for Dakwah. International Journal of Advanced and Technology Vol.29, No. 6s. (2020), pp 1193-1202.
Leanne, S. (2004). The Power of Speaking with Purpose and Vision. New York: McGraw-hill.
Lucas, S. (2013). The Art of Public Speaking. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Morrison, T. (2017). The Book on Public Speaking. Morgan James.
Muhtadi, A. S. (2012). Komunikasi Dakwah, Teori, Pendekatan, Dan Aplikasi. (N. siti Nurbaya, Ed.) (1st ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Orabi, H. (2012). The Discourse of Persuasion in Prohet Muhammad’s Da’wah Letters. Lambert: Academic Publishing.
Suryani, N., Achmad, S. & Aditin, P. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianton, T. ( 2013). Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v9i1.7797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.