PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH MENYIMAK

Suryo Daru Santoso, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak: tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan kreativitas mahasiswa setelah diterapkan media pembelajaran flipbook dalam mata kuliah Menyimak, dan (2) Mendeskripsikan hasil kreativitas mahasiswa setelah diterapkan media pembelajaran flipbook dalam mata kuliah Menyimak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan menyimak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan penyajian hasil analisis data dilakukan secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kreativitas mahasiswa dalam membuat media pembelajaran menyimak, dan (2) hasil kreativitas mahasiswa berupa produk media pembelajaran menyimak bahasa dan sastra Indonesia yang dikemas dalam bentuk flipbook untuk tingkat SMP maupun SMA. Adapun materi yang dibuat yaitu: (a) menyimak wawancara, (b) menyimak pidato, (c) menyimak monolog, (d) menyimak dialog, dan (e) menyimak berita.

Kata kunci: flipbook, menyimak, kreativitas.


Full Text:

PDF

References


Andarini, T., Masykuri, M., & Sudarisman, S. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalaui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Jurnal Bioedukasi. Vol. 6 (2): 102-119.

Hayati, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Vol .4(2): 49-54.

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., dan Handayani, R.D. 2016. Pengembangan Media Flash Flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4(4): 296-301.

Munandar, Utami. 2013. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 8(1):19-35.

Rahmawati, Desi, Sri Wahyuni, Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No. 4, Desember 2017, hal 326-332.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugianto, D., Abdullah, A.G., Elviyanti, S., dan Mulyadi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar teknik Digital. Jurnal INVOTEC. Vol.9(2): 101-116.

Susilana, R dan Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Yanti, Nafri, Suhartono, & Rio Kurniawan. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Vol. II (I): 72-82.

Wahyuliyani, Y., Supriadi U., Anwar S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal TARBAWY, Vol. 1(1): 69-79.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v9i1.7790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.