UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENULIS CERPEN DENGAN METODE COPY THE MASTER PADA PESERTA DIDIK KELAS IX E SMP N 2 NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yuni Susilowati

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis cerpen melalui penerapan metode copy the master pada peserta didik kelas IX E SMP N 2 Ngrampal Kabupaten Sragen semester I tahun pelajaran 2019/2020. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode copy the master. Hasil Penelitian ini yaitu terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rata-rata motivasi belajar peserta didik meningkat dari 60,63% pada kondisi awal menjadi 72,50% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,38% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar ditandai dengan nilai rata-rata peserta didik untuk tes pengetahuan hanya 63,69 dan nilai rata-rata tes keterampilan hanya 66,03. Ketuntasan belajar hanya 14 peserta didik untuk tes pengetahuan dan 12 peserta didik untuk tes keterampilan. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,56 untuk tes pengetahuan dengan ketuntasan22 orang atau 68,75%. Sedangkan, untuk tes keterampilan, nilai rata-rata mencapai 71,20 dengan ketuntasan 21 orang atau 65,63%. Hasil belajar pada materi cerita pendek semakin meningkat pada siklus II. Untuk tes pengetahuan, nilai rata-rata kelas menjadi 82,19 dengan ketuntasan30 orang atau 93,75%. Sedangkan untuk tes keterampilan, nilai rata-rata mencapai 76,50 dengan ketuntasan 29 orang atau 90,63%. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode copy the master dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek peserta didik kelas IX E SMP Negeri 2 Ngrampal Kabupaten Sragen pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci : metode copy the master, motivasi belajar, dan hasil belajar, cerpen.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pokoknya Menulis. Cetakan Pertama. Bandung: PT. Bandung: Alfa Beta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barlian, Neulis Rahmawati. “"Copy The Master" dalam Pelajaran Menulis”, http:// www. pikiran- rakyat.com/ cetak/ 2007/ 032007/ 06/ 99 forumguru. htm, diakses, 18 Juli 2019.

Brown, Dauglas. 1994. Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey: Prentice Hall Regent.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Marahimin, Ismail. 2004. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rampan, Korrie Layun. 1995. Dasar-dasar Penulisan Cerita Pendek. NTT: Nusa Indah.

Rohmadi, Muhammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Keaktifan Berprestasi Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo.

Siswandi. 2006. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi melalui Penggunaan Metode Copy the Master Varian Teknik Anakronisme pada Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2006/2007”. Laporan Hasil Penelitian. Demak: Dinas Pendidikan SMA Negeri 2 Demak. (Tidak dipublikasikan).

Subana, M. dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia: Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sumardjo, Jakob. 2001. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v7i2.6646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.