INTERNALISASI NILAI-NILAI KETUHANAN DALAM KETERAMPILAN DAN ETIKA BERBAHASA

Nasrudin Nasrudin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan penerapan integrasi nilai-nilai keTuhanan dalam keterampilan dan etika berbahasa. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa PGSD Semester 5 dengan menggunakan desain one group pre-tes and post test. Instrumen penelitian menggunakan tes keterampilan berbahasa dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dan etika berbahasa melalui integrasi nilai-nilai ketuhanan.

Kata kunci: nilai-nilai ketuhanan, keterampilan, etika, bahasa.


Full Text:

PDF

References


Mansyur, Umar. (2017). Peranan Etika Tutur Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Tamaddun. 16 (2): 69 – 73. DOI: 10.31227/osf.io/wrs9d.

Sadiku, L. M. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature Studies, 1(1): 29 – 31.

Husain, N. (2015). Language and Language Skills. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/274310952.

Sukatman. (2012). Budaya Tutur Bahasa Indonesia dan Kontribusinya bagi Pendidikan Etika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2):

-165.

Taufik, T. (2006). Kesepadanan Komunikasi Verbal dan Unsur Nonverbalnya dalam Interaksi Guru-Siswa di Kelas 1 Sekolah Dasar Kartika Padang. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.