INTERNALISASI NILAI-NILAI KETUHANAN DALAM KETERAMPILAN DAN ETIKA BERBAHASA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan penerapan integrasi nilai-nilai keTuhanan dalam keterampilan dan etika berbahasa. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa PGSD Semester 5 dengan menggunakan desain one group pre-tes and post test. Instrumen penelitian menggunakan tes keterampilan berbahasa dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dan etika berbahasa melalui integrasi nilai-nilai ketuhanan.
Kata kunci: nilai-nilai ketuhanan, keterampilan, etika, bahasa.
Full Text:
PDFReferences
Mansyur, Umar. (2017). Peranan Etika Tutur Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Tamaddun. 16 (2): 69 – 73. DOI: 10.31227/osf.io/wrs9d.
Sadiku, L. M. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature Studies, 1(1): 29 – 31.
Husain, N. (2015). Language and Language Skills. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/274310952.
Sukatman. (2012). Budaya Tutur Bahasa Indonesia dan Kontribusinya bagi Pendidikan Etika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2):
-165.
Taufik, T. (2006). Kesepadanan Komunikasi Verbal dan Unsur Nonverbalnya dalam Interaksi Guru-Siswa di Kelas 1 Sekolah Dasar Kartika Padang. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.