PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS HASIL OBSERVASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SMP
Abstract
Abstract: Teaching material is one of the success main factors of the learning process which plays an important role for students and teachers. This research was conducted with the aim of: (1) determine the feasibility of the text on the observation of teaching materials; and (2) determine the effectiveness of teaching materials on learning outcomes including aspects of knowledge and skills aspects, learning motivation, and creativity of learners. This study uses the method of research and development. The results were obtained: 1) validation of the feasibility of the development of teaching materials of observation text for junior high school (SMP) is very well said by the experts and Indonesian teachers with feasibility assessment component contents mean score of 3.73, linguistic mean score of 3.58, the presentation of the material mean score of 3.77 , and graphic quality by expert graphic design and Indonesian teachers mean score of 3.85. The response of students to the module is also very good, the feasibility of the contents of 88.4%, 86.8% language, presentation materials 88.8%, and 86.6% graphic quality. 2) The results of testing the effectiveness of the independent t-test showed that the observation of the text module is effectively used to support learning. This is proved by the results of statistical t-test with a significance level α = 0.05 on learning outcomes, motivation, and creativity study shows that the t value ˃ t table, so that concluded: (a) the study of students who use the module increases and significantly different compared with students who only use textbooks from the school; (b) the motivation of learners differ significantly between learners who use the modules from that do not use; (c) the creativity of learners who use different modules and significantly more visible than the students who did not use the module.
Key words: development, modules, observation text, scientific approach.
Abstrak: Bahan ajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran yang keberadaannya memegang peran penting bagi peserta didik maupun guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mengetahui kelayakan bahan ajar teks hasil observasi; dan (2) mengetahui keefektifan bahan ajar terhadap hasil belajar aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, motivasi belajar, dan kreativitas belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil yang diperoleh: 1) validasi kelayakan pengembangan bahan ajar teks hasil observasi untuk SMP dinyatakan sangat baik oleh ahli dan guru Bahasa Indonesia dengan komponen penilaian kelayakan isi skor rerata 3,73, kebahasaan skor rerata 3,58, penyajian materi skor rerata 3,77, dan kualitas kegrafikaan oleh ahli desain grafis dan guru Bahasa Indonesia rerata skor 3,85. Respon peserta didik terhadap modul juga sangat baik , kelayakan isi 88,4%, kebahasaan 86,8%, penyajian materi 88,8%, dan kualitas kegrafikaan 86,6%. 2) Hasil uji keefektifan dengan uji-t independen menunjukkan bahwa modul teks hasil observasi sangat efektif digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan melalui statistik hasil uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05 terhadap hasil belajar, motivasi, dan kreativitas belajar menunjukkan bahwa nilai t hitung ˃ nilai t tabel, sehingga disimpulkan: (a) hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul meningkat dan berbeda signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang hanya menggunakan buku teks dari sekolah; (b) motivasi belajar peserta didik berbeda signifikan antara peserta didik yang menggunakan modul dengan yang tidak menggunakan; (c) kreativitas belajar peserta didik yang menggunakan modul lebih tampak dan berbeda signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan modul.
Kata kunci: pengembangan, modul, teks hasil observasi, pendekatan saintifik.
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.37729/btr.v2i04.3517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.