NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU PUISI KEPAYANG KARYA ABDUL WACHID BS SEBAGAI SEBUAH CONTOH PEMAKNAAN PUISI (KAJIAN SEMIOTIKA MICHAEL RIFFATERRE)

Yanwi Mudrikah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan Islam dalam buku puisi Kepayang karya Abdul Wachid BS berdasarkan kajian Semiotik Michael Riffaterre dan sebagai contoh pemaknaan puisi dengan kajian semiotik Michael Riffaterre. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk deskripsi, karena dikaitkan dengan hakikat penafsiran dengan penekanan hasil penelitian berupa gambaran secara obyektif tentang keadaan sebenarnya dari obyek yang diteliti kemudian diinterpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku puisi Kepayang karya Abdul Wachid BS memuat nilai-nilai pendidikan Islam dan buku puisi Kepayang karya Abdul Wachid BS dapat sebagai contoh pemaknaan puisi dengan teori semiotik Michael Riffaterre, yaitu yang berupa nilai pendidikan keimanan (Rukun Iman) yang meliputi: Iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat, Iman kepada Kitab Allah, Iman kepada Rasul Allah, Iman kepada Hari Kiamat, dan Iman kepada Qadha dan Qadhar. Kemudian nilai pendidikan ibadah (Rukun Islam) yang meliputi: Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji.

 

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Puisi, Semiotika, Rukun Islam, dan

Rukun Iman


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v2i03.3511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.