UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUAI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW DALAM PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL PADA SISWA SMK YPT PURWOREJO 2018.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melaluai pembelajaran cooperative type jigsaw di SMK YPT Purworejo tahun 2018. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa teknik bodi otomotif kelas XI TKR SMK YPT Purworejo. Objek dalam penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran perbaikan las busur dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data yaitu berupa lembar evaluasi siswa, lembar observasi, pedoman wawancara, angket motivasi siswa, dan jurnal harian.Bedasarkan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari kemampuan kognitif siswa. Pada siklus I, nilai rerata hasil pretest siswa kelas XI TKR adalah 66% dengan siswa memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 31% atau sejumlah 10 siswa. Rerata nilai posttest adalah 79% dengan siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 84% atau sejumlah 27 siswa. Kenaikan rerata nilai pretest ke posttest adalah 13% dengan kenaikan persentase jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 75 naik sebanyak 84%.
Kata Kunci : Metode, Hasil belajar, Jigsaw
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5377
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.