PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OVERHOUL SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNOLOGI OTOMOTIF

Faizal Amri, Dwi Jatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pembuatan media pembelajaran overhoul sepeda motor. 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran overhoul sepeda motor terhadap kegiatan pembelajaran mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dan 3) mengetahui penggunaan media pembelajaran alat peraga overhoul sepeda motor terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 80,35%. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 78%. 3) Pada hasil belajar mahasiswa menunjukkan Hasil belajar mahasiswa yang tidak dan yang menggunakan media overhoul sepeda motor. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0,153 karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2,501 dengan p = 0,771 > 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 77,29 % dan nilai rata – rata kelas kontrol 73,33 %. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran overhoul sepeda motor dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Kata kunci: Media pembelajaran, overhoul sepeda motor, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.