PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING FUEL INJECTION PUMP TYPE DISTRIBUTOR PE PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI MOTOR DIESEL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Moh Liant Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana prosedur pembuatan cutting fuel injection pump, 2) mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran alat peraga cutting fuel injection pump dan, 3) mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran cutting fuel injection pump type distributor pe pada pembelajaran teknologi motor diesel pada mahasiswa universitas muhammadiyah purworejo, penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu Mahasiswa Semester II kelas A PVTO Universitas Muhammdiyah Purworejo tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 24 mahasiswa dan Mahasiswa Semester IV kelas B PVTO Universitas Muhammdiyah Purworejo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 mahasiswa aktif.Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui pengaruh penerapan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1) prosedur penerapan media pembelajaran alat peraga cutting fuel injection pump meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran alat peraga cutting fuel injection pump yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Motor Diesel di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media menunjukkan hasil 82.5%, validasi oleh dosen ahli materi menunjukkan hasil 77,5%. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan minat belajar yang menunjukan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,425 > 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent sample t-test, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara rata-rata minat belajar semester II yang belum mendapatkan materi dan semester IV yang sudah mendapatkan materi Fuel Injection Pump.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Cutting Fuel Injection Pump, Minat Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.