PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR PADA MOBIL KIJANG 3K TEKNIK KENDARAAN RINGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 GOMBONG

Edfinda Arif Maulana, suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran alat peraga karburator. 2)Mengetahui kelayakan media pembelajaran alat peraga karburator. 3)Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga karburator terhadap minat belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) model 4-D dengan subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gombong yang berjumlah 4 kelas. Kelas A untuk kelas kontrol berjumlah 25 siswa dan Kelas B untuk kelas eksperimen berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran alat peraga karburator meliputi Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). 2) media pembelajaran alat peraga layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 2,9. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,0. Media pembelajaran alat peraga juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 2,98 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 3,208 yang meliputi 25 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media alat peraga dan yang menggunakan media alat peraga. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.221, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,861 dengan p = 0.778, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.355 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata minat kelas eksperimen 81,3 dan nilai rata – rata minat kelas kontrol 75,35. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran alat peraga karburator dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sistem Bahan Bakar, Minat Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.