PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PANCABAKTI RAKIT BANJARNEGARA

wawan Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran elektronik terhadap prestasi belajar siswa SMK Pancabakti Rakit Banjarnegara Kelas X Tahun 2011/2012, 2) Mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran elektronik terhadap prestasi belajar siswa SMK Pancabakti Rakit Banjarnegara Kelas X Tahun 2011/2012.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah ekspose facto yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan tersebut. Populasi dalam penelitian ini sebesar 240 dengan menggunakan tabel Krecjie maka sampel yang diambil sebanyak 142 dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif.

Berdasarkan analisis kuantitatif, penggunaan media pembelajaran elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK Pancabakti Rakit Banjarnegara Kelas X Tahun 2011/2012. Besarnya pengaruh tersebut tergantung pada besarnya koefisien determinasi atau varians atau R Square.

 

Kata kunci : Penggunaan Pembelajaran Elektronik, Prestasi Belajar




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v1i1.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.