MODIFIKASI KNALPOT STANDAR FIZ R 1995 UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG

suyitno suyitno

Abstract


Pembuatan karya  ini bertujuan untuk, 1) merancang  modifikasi knalpot standar FIZ R untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor , 2) modifikasi knalpot standar FIZ R untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor, dan 3) dapat mengetahui besarnya penurunan emisi gas buang kendaraan bermotor FIZ R setelah dilakukan modifikasi.

Tahap pelaksanaan program terdiri dari,  1) Penggambaran dengan Auto CAD 2 dan 3 dimensi, dan 2) modifikasi knalpot standar FIZ R. Kemudian yang terakhir adalah tahap evaluasi. Tahap evaluasi digunakan untuk merevisi kembali terhadap produk yang telah dibuat, jika dari produk ini perlu adanya penyempurnaan.

Berdasarkan tahap-tahap program pembuatan Proyek Akhir yang telah dilaksanakan, maka didapatkan hasil modifikasi knalpot standar FIZ R.  Berdasarkan uji  yang telah dilakukan untuk timbal dengan alat AAS (Atomic Absorbance Spectrophotometer), knalpot modifikasi dapat meneyerap kandungan timbal pada gas buang kendaraan bermotor dengan tingkat penyerapan yang cukup tinggi mencapai 100% dengan limit deteksi 0.001 mg/m3. Sedangkan dengan alat Four Gas Analizer didapatkan data prosentase penurunan Karbonmonoksida (CO) untuk putaran rendah  74.72%, untuk putaran sedang 66.21%, dan untuk putaran tinggi sebesar 68.31%. Sedangkan prosentase penurunan Hidrokarbon (HC) untuk putaran rendah  25.01%, untuk putaran sedang 27.12%, dan untuk putaran tinggi sebesar 19.03%.

Kata Kunci : modifikasi, knalpot, uji emisi




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v1i1.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.