EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 PURWOREJO

sutiyono sutiyono

Abstract


Tujuan penelitian efektifitas penggunaan modul pembelajaran terhadap ketuntasan belajar sistem rem adalah untuk mengetahui perbedaan, peningkatan dan ketuntasan  pada prestasi belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran dan prestasi siswa tanpa menggunakan modul.

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMKN 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik mesin otomotif. Sampel yang diambil adalah siswa dengan teknik sampel Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modul pembelajaran dan yang diajar tanpa alat modul pembelajaran.

Berdasar Uji Ketuntasan Belajar setelah siswa memperoleh pembelajaran, terlihat bahwa ketuntasan belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Pada kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan Modul Pembelajaran memiliki ketuntasan belajar yang lebih tinggi dari kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran tanpa Modul. Hal ini terlihat dari tabel 4.7 diperoleh rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen sebesar 7.80 dimana rata-rata tersebut lebih besar dari batas nilai tuntas belajar yaitu 7.00 yang berarti belajar telah mencapai ketuntasan belajar. Pada kelompok kontrol rata-rata prestasinya adalah 7.09 dimana rata-rata tersebut lebih besar dari batas nilai tuntas belajar yaitu 7.00 yang berarti pembelajaran juga telah mencapai ketuntasan belajar. Secara umum menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Modul Pembelajaran lebih efektif, karena berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar dan ketuntasan belajar yang lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan modul pembelajaran.

 

Kata kunci : modul pembelajaran, ketuntasan belajar, sistem rem




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v1i1.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.