KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF DI KABUPATEN KLATEN

arif susanto

Abstract


Penelitian kompetensi pedagogik guru SMK program keahlian teknik otomotif di kabupaten Klaten bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan profil guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten, dan (2) menghitung tingkat pencapaian kompetensi pedagogik guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, berdasarkan kumpulan data mengenai tingkat kompetensi pedagogik guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru bidang produktif SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten. Sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling, adapun ukuran sampel yang diambil sebanyak 55 guru, 300 siswa, dan 10 kepala sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dengan program SPSS versi 17. Data disajikan dalam bentuk persentase, selanjutnya dideskripsikan dan disimpulkan masing-masing komponen maupun variabelnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian kecil guru belum memenuhi standar yang ditetapkan ditinjau dari kualifikasi akademik, kesesuaian bidang studi, dan lama pelatihan/penataran; 2) tingkat pencapaian kompetensi pedagogik guru termasuk kategori baik, ditinjau dari guru dalam memahami siswa, mengembangkan siswa, merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan menilai pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai titik tolak dalam upaya pembinaan dan peningkatan kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten.

Kata kunci: Standar, Kompetensi Pedagogik, Guru SMK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.